Image of THE MOU WAY

Text

THE MOU WAY



Jika kita belajar mengenai teamwork dan organisasi tentulah paling menarik jika kita melihat olahraga sepakbola sebagai tolok ukur kita, karena olahraga yang satu ini mutlak membutuhkan kerjasama yang solid sebagai team. Sementara jika kita ingin belajar mengenai effective leadership dalam sepakbola maka tengoklah nama salah satu pelatih muda sukses yaitu JOSE MOURINHO .
Terlepas dari pro dan kontra yang melekat pada dirinya, sesungguhnya Jose Mourinho yang menyebut dirinya "The Special One".. 6-7 tahun yang lalu bukanlah siapa-siapa, namun kini mantan pelatih Inter Milan tersebut sangat diidolakan oleh semua pemain sepakbola dan pemilik klub besar sepakbola. Keberhasilannya membawa klub yang dia tangani menjadi kampiun sepakbola merupakan bukti betapa hebatnya Mou. Beberapa buktinya adalah FC Porto (Juara liga, Juara Eropa, Juara Champion), Chelsea (Juara Liga), Inter Milan (Juara Liga, Juara Copa, Juara Champion)
Salah satu yang menarik dari Mou adalah dia dapat membangun sebuah team yang tangguh meskipun bermaterikan pemain-pemain non bintang, medioker, bahkan pemain buangan dari klub lain serta membuat sebuah 'lompatan raksasa' bagi sejarah klub yang dia tangani. Tengoklah nama Samuel Etoo yang dibuang oleh Barcelona dan Wesley Sneider yang dibuang oleh Real Madrid... namun kini bersama Mou mereka kembali bersinar dan diperhitungkan oleh lawan-lawannya.
Apa yang menarik sebagai perenungan bagi kita di dunia SDM adalah..
Kunci Performance Organisasi terletak pada Pemimpin
Jika anda menemukan organisasi anda memiliki performance yang biasa-biasa saja maka sebaiknya yang perlu pertama kali anda lihat dan benahi adalah 'leadership' pemimpinnya (GM, Manager, Supervisor, atau unit head).. baru kemudian kita melihat kinerja anak buah. Bisa jadi sebuah organisasi memiliki seorang pemimpin yang berprestasi namun hanya sebatas individual performance dan bukanlah team performance. Sebaliknya bagi para pemimpin hal ini dapat selalu menjadi pijakan introspeksi bagi pengembangan diri dan organisasi.
Pemimpin sejati akan mengembangkan mentalitas anak buahnya, mendorong profesionalisme kerja, memotivasi, menginspirasi dan mengasah kompetensi anak buahnya sehingga muncul sebagai 'pemain kunci' dalam keberhasilan organisasi.
Kunci Kontinuitas Organisasi terletak pada Kultur
Jose Mourinho memang membawa klub yang dia latih menjadi juara, namun yang menarik adalah sepeninggal Mou, klub-klub yang pernah dia tangani tetaplah menjadi klub yang kuat dan bermental juara. Tengoklah Chelsea yang juga berhasil menjuarai liga inggris dengan materi pemain 80% peninggalan Mou. Disini peran seorang pemimpin adalah Memotivasi, Menginspirasi dan Meninggalkan Mentalitas Unggul di dalam diri anak buahnya. Sama seperti yang diungkaplkan Jim Collin dalam bukunya Good to Great, pemimpin sejati akan membentuk mentalitas pemenang sebagai mentalitas organisasi sehingga siapapun pemimpinnya kelak, mentalitas tersebut tetaplah tumbuh.
Kunci Pengembangan Karyawan terletak pada Motivasi dan Inspirasi
The right man in the right place memang bagus untuk diterapkan dalam organisasi dan hal tersebut tentunya akan mempermudah pekerjaan sang pemimpin, namun demi fleksibilitas organisasi sekali-kali anda perlu mencoba formula baru "the right man for the new place", yaitu membuat/menciptakan orang yang tepat untuk posisi yang baru. Caranya? Dasari mental anak buah anda dengan motivasi dan inspirasi.. Lihatlah dari beberapa nama-nama besar baru di dunia sepakbola yang muncul dan semakin bersinar saat dibawah asuhan Mourinho: Frank Lampard, John Terry, Essien, Arjen Robben, Deco, Drogba, Diego Milito dan lain sebagainya.. tentunya anda para tifosi bola sangat mengetahui asal usul mereka sebelum bersama 'the special one' Mou.
Saya tergolong orang yang percaya bahwa semua manusia diberi talenta, kemampuan dan kesanggupan yang luar biasa dari Sang Pencipta, namun banyak diantara manusia dibumi ini tidak menyadarinya. Nah tugas anda sebagai pemimpin adalah membantu anak buah anda mengeluarkan kemampuan terbaik mereka. Dengan teknik motivasi dan inspirasi yang jitu anda dapat membentuk manusia-manusia luar biasa, from zero to hero!
**
Jika kita melihat dari beberapa poin diatas sangatlah terasa sekali jika semuanya itu membutuhkan sebuah kepemimpinan yang sejati. Dan mengakhiri tulisan ini saya kembali mengingatkan bahwa pemimpin bukanlah hanya diukur atau dilihat dari posisi seseorang di dalam organisasi, semua orang bisa menjadi pemimpin karena semua orang memiliki potensi menjadi pemimpin, dan anda lah salah satunya!


Ketersediaan

859PUN12H303.3/GHE/I-1Narotama LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
303.3/GHE/I-1
Penerbit LIBRI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-19417-8-2
Klasifikasi
303.3/GHE/I-1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
INSPIRASI KEPEMIMPINAN JOSE MOURINHO
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya