Image of HABIBIE & AINUN

Text

HABIBIE & AINUN



Buku Habibie Ainun merupakan salah satu buku best seller tahun 2011. Karena rekor penjualannya yang dalam tempo singkat, hanya dalam waktu 3 bulan terjual 50 ribu buku. Sebuah pencapaian yang luar biasa. Buku yang ditulis oleh Bacharudin Jusuf Habibie sendiri ini setelah wafat istri terkasihnya Ainun, ditulis dengan gaya Habibie. Awalnya buku yang ditulis ini sebagai terapi atas diri beliau untuk mengatasi rasa sedihnya yang sangat teramat dalam atas wafatnya istri terkasih. Dan ternyata malah jadi sebuah novel dokumenter yang luar biasa hasilnya.

Proses penulisan buku ini memakan waktu 2,5 bulan saja. Habibie menceritakan sejarah hidupnya bersama Ainun dari sejak pertemuannya pertama kali di Ranggamalela, Bandung sampai wafat. Begitu detil dan rinci. Mulai dari tanggal, jam, tempat bahkan pembicaraan yang terjadi pada masa itu. sebuah ingatan yang sangat luar biasa, mengingat itu terjadi 40 tahun yang lalu. Tapi Habibie bisa mendeskripsikannya dengan presisi dan akurat. Buku ini juga berisikan intisari kehidupan dua anak manusia yang ditempa oleh kerasnya kehidupan. Tak banyak yang tahu kalau Habibie muda kala di Jerman membersihkan popok anaknya yang masih berisikan kotoran anaknya, mencuci piring dan lainnya sebagaimana layaknya seorang Bapak dan kepala rumahtangga. Masih banyak lagi sisi-sisi manusiawi dari seorang Habibie nampak dalam buku Habibie&Ainun yang kalau kita baca akan membuat kita kagum dan tercengang. Dari bab awal sampai bab akhir. Bahkan buku ini jadi inspirasi dan motivasi bagi anak-anak muda yang membacanya. Karena kebanyakan yang membeli buku Habibie& Ainun adalah para mahasiswa yang dengan terus terang mengidolakan Habibie sebagai panutan mereka. Buku Habibie & Ainun pun jadi “obat” kepada sepasang suami istri yang sudah diujung perceraian, namun setelah membaca buku ini pasangan muda ini mengurungkan niatnya untuk bercerai. Mereka terinspirasi Buku Habibie & Ainun yang menggambarkan tentang kekuatan Cinta yang suci, murni, abadi dan tak terpisahkan. Dengan suksesnya buku Habibie & Ainun di pasaran dalam negeri pihak The Habibie Center sebagai lembaga yang mempunyai hak atas buku ini, menerbitkan buku Habibie&Ainun dalam versi bahasa Inggris, Arab dan Jerman. “Karena yang diangkat masalah universal yakni Cinta, jadi cukup relevan kalau buku ini bisa dibaca oleh masyarakat internasional,” kata Habibie menandaskan. Selain dalam versi bahasa Inggris, Arab dan Jerman, sedang disiapkan pula dalam versi bahasa Jepang, dimana sudah ada permintaan dari sana.

Dari data resmi terakhir yang didapat penjualan buku Habibie & Ainun telah mencapai 70 ribu buku. Hasil penjualan buku ini diperuntukan bagi operasi katarak mata bagi masyarakat yang tidak mampu lewat Yayasan Ibu Ainun. Dan sudah dilakukan operasi mata bagi ratusan penderita katarak di Bogor pertengahan tahun 2011 lalu. Karena begitu inspiratifnya buku Habibie & Ainun dan animo masyarakat yang merespon sangat besar, sehingga membuat Manooj Punjabi, produser film dari MD Entertainmen ingin memfilmkan buku Habibie & Ainun. Tahap pembicaraan dan diskusi panjang telah dilakukan oleh Manooj Punjabi dan Tim Kecil dari pihak Habibie. Mereka sepakat untuk memfilmkan “drama kehidupan” Habibie Ainun dalam bingkai layar lebar berdasarkan buku. Pihak MD Entertainmen sedang mempersiapkan semuanya sejak September lalu, mulai dari penulisan skenario, pemilihana sutradara, pemain sampai lokasi yang dipilih selama Habibie menempuh kuliah di Aachen, menikah di Bandung, kembali ke Jerman untuk bekerja di industri pesawat terbang di Hamburg dan mengabdi untuk negeri tercintanya Indonesia sampai menjadi orang nomor 1 di republik ini.


Ketersediaan

845PUN12H920.71/HAB/H-Narotama LibraryTersedia
844PUN12H920.71/HAB/H-Narotama LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
920.71/HAB/H-
Penerbit PT THC MANDIRI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-1255-13-4
Klasifikasi
920.71/HAB/H-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya